Total Pageviews

Monday, November 29, 2010

Marketing Mix ( Bauran Pemasaran )


Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai MARKETING MIX ( Bauran Pemasaran ). Yang di maksud Marketing Mix atau bauran pemasaran adalah salah satu bagian dari konsep pemasaran modern. Menurt kotler menyatakan bahwa “ Bauran Pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran “
Konsep Marketing Mix yang pertama kali dikenal oleh Jerome McCarthy mempunyai empat variable yang biasa dikenal dengan 4P yaitu :
1. Product
2. Price
3. Promotion
4. Place
Bahasan saya kali ini adalah mengenai PT. indomarco Prismatama atau biasa dikenal dengan INDOMARET
Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari hari dengan luas penjualan kurang dari 200M2. Dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara.
Tahun 1997 perusahaan mengambangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003 dari Presiden Megawati Soekarno Puteri. Hingga Oktober 2010 Indomaret mencapai 4773 gerai. Dari total itu 2895 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1878 gerai waralaba milik masyarakat yang tersebar di kota kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali dan Lampung. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Untuk lebih jelas mengenai konsep Marketing Mix yang dipakai oleh Indomaret, dibawah ini akan dipaparkan satu persatu mengenai keempat variable tersebut
1. Product ( Produk )

Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan dipasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk yang ditawarkan oleh Indomaret adalah berupa barang. Karena Indomaret salah satu waralaba yang bergerak dibidang memuaskan kebutuhan pokok pelanggan. Sepeti beras, gula, the, susu, dll.
2. Price ( Harga )


Harga merupakan unsure terpenting dalam bauran pemasaran setelah produk dan merupakan unsure dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan. Dalam hal ini harga yang ditawarkan oleh Indomaret cukup dipertimbangkan oleh masyarakat. Di banding dengan minimarket lainnya, Indomaret termasuk minimarket yang menawarkan harga paling murah di bandingkan beberapa mini market lainnya sepeti alfa mart dan circle K. maka dari itu Indomaret cukup ramai di kunjungi oleh pelanggan.
3. Place ( Tempat atau Distribusi )

Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah ada perencanaan tentang pola distribusi yang akan dilakukan. Disini penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya.perantara ialah sngat penting karena dalam segala hal merekalah yang berhubungan langsung dengan pelanggan.
Dalam hal tempat Indomaret cukup strategis untuk lokasi yang gampang dicapai oleh masyarakat, seperti letaknya di dekat perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum lainnya.
Untuk system distribusinya Sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang kompeten, menjadikan Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Saat ini Indomaret memiliki 13 pusat distribusi di Ancol, Jakarta, Cimanggis, Depok, Tangerang, bekasi, Parung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Jember, Surabaya, Lampung dan Medan dengan menjalin lebih dari 500 pemasok, Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang akan dijualnya.
4. Promotion ( Promosi )


Promosi pada dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. “ promosi meliputi semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya kepada pasar sasaran “
Strategi promosi yang dilakukan oleh Indomaret untuk menarik pelanggannya ialah :
• Publisitas
• Periklanan
-Seperti menyebarkan brosur kepada para pelanggan
-Menyajikan promosi harganya melalui media elektronik sepeti Televisi dan Radio
-Menyajikan promosi harganya melalui media non elektronik seperti Koran
• Promosi/Penjualan dengan memberikan potongan penjualan


Sumber :
e-je.blogspot.com/2009/03/marketing
www.indomaret.co.id
buku dasar pemasaran, karangan Teguh budiarto

1 comment: